Image
Unsplash

Mengurangi Sampah Plastik dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Setiap harinya kamu akan menemukan plastik di mana saja. Hampir di seluruh aktivitas melibatkan plastik di dalamnya. Hal ini juga karena plastik menjadi bahan baku yang digunakan untuk membuat barang-barang disekitar kita. Plastik menjadi alternatif dari material lain karena memiliki karakter yang lebih ringan dan mudah dibuat menjadi bentuk apapun dengan mudah. Namun, dibalik banyaknya kegunaan plastik, ternyata plastik juga memiliki dampak berbahaya jika dibuat dengan sembarangan dan tidak diolah terlebih dahulu.

Dahulu penggunaan plastik untuk mempermudah Salah satu akibatnya yaitu dengan meningkatnya sampah plastik yang semakin banyak. Untuk itu, saat ini sampah palstik menjadi fenomena yang memprihatinkan. Banyak sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan dan membahayakan ekosistem. Hal inilah yang menjadi salah satu tema besar saat perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada hari ini (5/6/23).

Tingginya jumlah sampah plastik dapat menyebabkan hewan dan tumbuhan menjadi tercemar. Sampah plastik akan menjadi microplastik dan masuk ke pencernaan dan pernapasan hewan laut. Tak hanya itu, hewan di darat dan manusia juga akan tercemar oleh microplastic. Plastik membutuhkan waktu yang lama untuk terurai. Meskipun sudah bertahun-tahun, sampah plastik akan tetap dalam kondisi yang sama saat pertama kali dibuang.

Untuk menjaga lingkungan hidup, maka salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi penggunaan plastik. Dengan begitu, sampah plastik juga akan berkurang. Berikut cara mengurangi sampah plastik:

Baca juga: 10 Rekomendasi Botol Minum 2 Liter, Desain Menarik dan Aman untuk Kesehatan!

Membawa kantong belanja sendiri

Salah satu bentuk peduli lingkungan yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi sampah plastik yaitu dengan membawa tas belanja. Saat akan pergi ke warung, minimarket, pasar, maupun mall, kamu bisa membawa kantong belanja yang dapat digunakan berkali-kali. Misalnya menggunakan tas spundbond, tote bag, dan tas lainnya yang lebih ramah lingkungan. Kantong belanja yang terbuat dari kain ini dapat mengurangi sampah plastik sekali pakai dan awet meskipun telah dipakai berkali-kali.

Membawa alat makan sendiri

Selanjutnya, kamu bisa mengurangi sampah plastik dengan membawa alat makan sendiri. Mulai dari sendok, garpu, hingga bekal kotak makan sendiri. Tak hanya lebih ramah lingkungan dan mengurangi sampah, membawa alat makan sendiri juga akan membuatmu lebih hemat pengeluaran. Kamu bisa membawa bekal atau membeli makanan langsung ditempatkan di kotak bekalmu dari pada menggunakan streofoam.

Menggunakan plastik ramah lingkungan

Seperti yang telah disebutkan di atas, plastik memiliki beberapa jenis yang berbahaya dan tidak. Untuk mengurangi sampah plastik, kamu tak perlu menyetop semua penggunaan plastik. Kamu bisa memilih plastik yang lebih ramah lingkungan. Misalnya plastik yang terbuat dari singkong. Plastik ini memiliki bahan yang lebih larut dan aman untuk lingkungan. Plastik ini tidak akan membuat laut dan makhluk hidup tercemar oleh microplastik yang berbahaya.

Membawa botol minum sendiri

Tak hanya membawa alat makan sendiri, kamu juga bisa mengurangi botol plastik sekali pakai dengan membawa botol minum sendiri. Misalnya membawa mug atau tumbler minum saat beraktivitas setiap harinya. Hal ini karena terkadang membeli minuman maka akan diberi botol atau gelas plastik. Kedua barang tersebut akan menjadi sampah setelah selesai dipakai karena tidak dapat dipakai kembali. Untuk meminimalisir sampah gelas dan botol plastik. 

Baca juga: 5 Tips Penting Memilih Botol Minum 1 Liter yang Aman dan Sehat

Mengajak orang lain untuk mengurangi plastik sekali pakai

Setelah menerapkan beberapa hal di atas untuk diri sendiri, tak ada salahnya untuk turut mengajak orang lain untuk mengurangi penggunaan plastik. Seperti misalnya mengurangi botol plastik, tas belanja plastik, gelas plastik, dan lain-lain. Cara ini dapat mengurangi sampah dan menyadarkan banyak orang untuk terus peduli tentang lingkungan alam.

Snapy siap melayani berbagai kebutuhan cetak baik offline maupun online. Untuk cetak offline, kamu bisa mengunjungi langsung cabang Snapy terdekat yang sudah tersedia di berbagai daerah. Untuk cetak online, kamu bisa langsung menghubungi Whatsapp Snapy tanpa antri, tanpa ribet! 

Mengapa harus Snapy?

  • Service Guaranty

Apabila terjadi kesalahan cetak, maka pelanggan akan mendapatkan potongan sebesar 20% atau pembuatan produk ulang hingga benar.

  • Bekerja sama dengan Gosend

Melayani pengiriman di hari yang sama, dikirim dari cabang terdekat dari lokasi pelanggan.

Dapatkan penawaran khusus jika berkunjung langsung di cabang terdekat Anda*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Hubungi Whatsapp Snapy segera dan dapatkan penawaran harga menarik. Kamu juga bisa konsultasikan kebutuhan cetak, promosi, dan branding di Snapy!

Categories: Event

Contact Us

Jl. Martimbang Raya No.31
RT.3/RW.5 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12120
DKI Jakarta, Indonesia
Tel: 0853 8888 1234